15 Brand Fashion Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Tren Global

Nikita Gina

The Executive
Foto: Executive/Instagram https://www.instagram.com/id_executive/

Brand fashion Indonesia yang mendunia ini berhasil menjadi tren global dengan inovasi desain yang memukau dan kualitas yang tidak tertandingi.

Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alam dan budaya, tetapi juga memiliki berbagai merek fashion yang mampu bersaing di kancah internasional. Dari aksesori hingga pakaian, banyak brand fashion lokal Indonesia yang telah menunjukkan kualitasnya di mata dunia.

Keberhasilan merek-merek ini tidak hanya membuktikan kreativitas dan inovasi para desainer lokal, tetapi juga membawa kebanggaan tersendiri bagi bangsa. Berikut ini, kita akan mengenal lebih dekat beberapa brand fashion Indonesia yang telah berhasil mendunia.

Rekomendasi Brand Fashion Indonesia yang Mendunia

Mungkin kamu sudah menyadari pentingnya mendukung brand fashion lokal Indonesia. Selain memberikan dukungan terhadap ekonomi lokal, ada kebanggaan tersendiri saat mengetahui bahwa produk tersebut juga dikenal di pasar internasional.

Jika kamu tertarik mencoba produk-produk fashion lokal yang telah mendunia, berikut beberapa rekomendasinya!

1. The Executive

The Executive
Foto: Executive/Instagram

Banyak yang mengira bahwa The Executive adalah brand luar negeri, padahal sebenarnya brand ini diproduksi di Indonesia, tepatnya di Bandung. Brand yang menyediakan fashion untuk pria dan wanita ini diproduksi oleh PT Delami Garment Industries dan telah eksis sejak tahun 1984.

Brand lokal ini telah berkembang menjadi salah satu brand fashion terkemuka dan kini tersedia di 60 toko berdiri bebas serta lebih dari 100 counter.

Tidak hanya di Indonesia, The Executive juga hadir di China, India, Asia Utara, Timur Tengah, Sri Lanka, hingga Australia. Produk The Executive dirancang untuk memadukan aspek modern dalam gaya hidup sehari-hari.

2. Erigo

Erigo
Foto: Erigo Apparel/Instagram

Erigo adalah brand clothing lokal yang telah mendunia dan sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Brand ini sempat dipromosikan di New York Fashion Week tahun lalu.

Didirikan pada tahun 2010 dengan nama ‘Selected and Co’, Erigo awalnya memproduksi pakaian batik dengan gaya kasual. Pada tahun 2013, Erigo berevolusi menjadi brand fashion unisex dengan konsep street style yang lebih modern.

Tidak mengherankan jika produk Erigo sangat diminati, bahkan brand ini telah berkolaborasi dengan berbagai seniman, seperti JKT48, Glenn Fredly, Disney, dan Naufal Abshar.

Produk fashion Erigo kini bisa ditemukan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

3. Alexandre Christie

Alexandre Christie
Foto: Alexandre Christie/Instagram

Tak hanya bergerak di bidang pakaian, merek fashion lokal Indonesia juga menghadirkan produk aksesori, seperti jam tangan. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa merek jam tangan legendaris ini berasal dari Indonesia.

Baca Juga:  Tips Mode Terbaik untuk Wanita

Faktanya, Alexandre Christie telah beroperasi selama lebih dari setengah abad, dengan desain berkualitas tinggi, canggih, dan penuh semangat. Selain itu, jam tangan dari Alexandre Christie tidak hanya tersedia di Indonesia.

Merek yang berada di bawah naungan Massindo ini juga tersedia di berbagai negara lainnya, seperti Kamboja, Hongkong, India, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Eropa, Timur Tengah, serta Australia.

4. Sagara

Sagara
Foto: Sagara Indonesia/Instagram

Merek fashion lokal Indonesia berikutnya adalah Sagara, yang menghadirkan produk sepatu boots berbahan dasar kulit. Keunggulan utama dari Sagara adalah layanan custom-order yang disesuaikan dengan permintaan dan selera konsumen.

Tak heran jika merek ini banyak mendapat sorotan dari media asing. Produk Sagara bahkan mampu bersaing dengan merek luar negeri lainnya. Merek ini telah berhasil memasarkan produknya hingga ke Inggris, Jerman, Skotlandia, dan Amerika Serikat.

5. 3 Second

3 Second
Foto: 3Second Clothing/Facebook

Merek 3 Second termasuk dalam jajaran merek fashion Indonesia yang memiliki kualitas terbaik. Awalnya berasal dari Bandung, 3 Second mulai dengan memproduksi pakaian polos tanpa merek dan mendistribusikannya ke berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta dan kota lainnya.

Berdiri sejak tahun 2002, produk andalan dari 3 Second adalah kaos. Hingga saat ini, 3 Second terus berkembang dan telah meluncurkan berbagai produk lainnya seperti jaket, sweater, topi, kemeja, ikat pinggang, hingga tas. Merek ini juga memiliki brand ambassador terkenal, seperti Ariel Noah dan Momo Geisha.

6. Eiger

Eiger
Foto: Eiger/Facebook

Eiger atau PT. Eigerindo Multi Produk Industri adalah perusahaan asli Indonesia yang berdiri pada tahun 1989 dan berfokus pada industri ritel.

Eiger terkenal dengan produk pakaian dan perlengkapan untuk kegiatan luar ruangan seperti mendaki gunung, berkemah, dan panjat tebing, termasuk jaket dan tas.

Nama Eiger terinspirasi dari Gunung Eiger yang memiliki ketinggian 3.970 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai salah satu gunung tersulit didaki di dunia, yang terletak di Bernese Alps, Swiss.

Eiger menawarkan tiga kategori produk utama, yaitu mountaineering yang berfokus pada pendakian gunung, riding yang ditujukan untuk penjelajahan sepeda motor, dan authentic 1989 yang menghadirkan gaya klasik para pecinta petualangan alam terbuka dalam desain yang kasual dan stylish.

7. Matoa

Matoa
Foto: Matoa Indonesia/Instagram

Matoa identik dengan pohon besar khas Papua, namun ternyata Matoa juga merupakan sebuah merek jam tangan yang didirikan oleh seorang pria asal Bandung.

Jam tangan Matoa dibuat dari bahan dasar limbah kayu, menjadikannya ramah lingkungan. Matoa telah sukses mengembangkan bisnisnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga:  Model Kebaya Encim Betawi yang Nyaman Banget Dipakai

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 dalam sebuah pameran kecil di Bandung, desain jam tangan Matoa terinspirasi dari budaya Indonesia, yang ternyata menjadi daya tarik utama bagi para pelanggannya. Kini, Matoa telah berhasil menembus pasar Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

8. Buttonscarves

Buttonscarves
Foto: Buttonscarves/Instagram

Buttonscarves adalah salah satu merek muslimah lokal yang telah menembus pasar internasional. Didirikan oleh Linda Anggrea pada tahun 2016, Buttonscarves memproduksi berbagai koleksi hijab dan aksesori wanita dengan kualitas premium.

Berbagai kolaborasi dengan karakter dan tokoh terkenal seperti Ria Miranda hingga kartun Disney membuat produk hijab Buttonscarves sangat layak untuk dimiliki.

Selain dijual di Indonesia, Buttonscarves juga telah membuka gerai di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

9. Cotton Ink

Cottonink
Foto: Indofund.id/Instagram

Selanjutnya, ada brand fashion lokal Indonesia yang diciptakan oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto, yaitu Cotton Ink. Brand ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia berkat produk t-shirt custom-nya yang berkualitas.

Produk Cotton Ink mudah ditemukan di pasaran dan sangat populer di kalangan konsumen. Tak hanya di Indonesia, Cotton Ink juga telah merambah pasar internasional, termasuk Malaysia, Singapura, Australia, dan beberapa negara di Eropa.

Menariknya, Cotton Ink pernah meraih penghargaan The Most Innovative Brand di Jakarta Fashion Week, membuktikan inovasi dan kualitas yang mereka tawarkan.

10. Elhaus

Elhaus
Foto: Elhaus/Instagram

Elhaus dikenal sebagai brand streetwear yang menargetkan pria urban, namun juga menawarkan outer atau luaran yang bersifat unisex.

Didirikan oleh Eduardus Radityo dan Raven Navaro, Elhaus mengedepankan prinsip craftsmanship, membuat koleksinya tampak premium karena diproduksi secara manual dengan perhatian khusus pada setiap detail.

Media internasional seperti Hypebeast dan Highsnobiety memberikan respon positif terhadap koleksi Elhaus Spring/Summer 2018 yang didominasi oleh aksen patchwork dan camo.

Elhaus telah memperluas pasarnya secara global, mencakup Thailand, Singapura, Taiwan, hingga Inggris.

11. CAST Eyewear

CAST Eyewear
Foto: Eyewear Inc/Instagram

CAST Eyewear adalah brand kacamata lokal yang telah lama menunjukkan eksistensinya di kancah internasional.

Didirikan oleh Fahrani, CAST Eyewear dikenal dengan desain kacamatanya yang unik dan eksentrik. Produk mereka bahkan telah dikenakan oleh selebriti internasional seperti Rihanna dan Lady Gaga.

Pemasaran kacamata CAST Eyewear telah berkembang hingga ke Amerika dan Eropa, menunjukkan bahwa brand ini mampu bersaing di pasar global dengan desain yang inovatif dan berbeda.

12. Danjyo Hyoji

Danjyo Hyoji
Foto: Danjyohiyoji/Facebook

Brand lokal Indonesia lainnya yang mendunia adalah Danjyo Hyoji. Didirikan oleh Dana Maulana dan Liza Masitha, Danjyo Hyoji telah mengikuti pagelaran busana bergengsi seperti Amazon Fashion Week Tokyo dengan koleksi pakaian urban yang modern.

Baca Juga:  Tips Fashion Untuk Pria

Nama Danjyo Hyoji sendiri merupakan kombinasi dari dua kata yang berarti unisex, hip, young, dan crazy, mencerminkan karakteristik dari berbagai koleksi pakaian mereka.

Danjyo Hyoji telah berhasil menarik perhatian pasar lokal dan internasional dengan desain yang unik dan inovatif, menjadikannya salah satu brand fashion lokal yang patut diperhitungkan.

13. Paradise Youth Club

Paradise Youth Club
Foto: Paradise Youth Club/Facebook

Bagi para penggemar gaya streetwear, pasti sudah tidak asing lagi dengan Paradise Youth Club, merek fashion lokal Indonesia yang sedang naik daun.

Didirikan oleh Vicentius Aditya, merek ini berfokus pada pakaian ready-to-wear yang sangat kental dengan budaya generasi muda, terutama yang tumbuh di era 90-an.

Koleksi pakaian Paradise Youth Club sangat mencerminkan gaya berpakaian pemain skateboard, peselancar, hingga penggemar musik hip-hop.

Tidak heran, merek ini berhasil memperluas pasarnya hingga ke Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan bahkan Amerika Serikat.

14. Lea Jeans

Lea Jeans
Foto: LEA Jeans/Instagram

Lea Jeans, merek yang telah memproduksi celana jeans berkualitas sejak tahun 1976 di Tangerang, terus menunjukkan eksistensinya dengan bahan berkualitas tinggi dan desain yang selalu mengikuti tren terbaru.

Mengusung gaya American Style dan pakaian kasual berbahan jeans, Lea Jeans telah menjadi pilihan banyak orang. Meskipun bisnis garmen telah dimulai sejak 1972 dengan menekankan pada kualitas dan authentic denim, produksi jeans baru dimulai empat tahun kemudian.

15. Terry Palmer

Terry Palmer
Foto: Terry Palmer/Instagram

Terry Palmer adalah merek handuk terkenal di Indonesia yang berada di bawah naungan PT Indah Jaya. Sejak tahun 1988, Terry Palmer telah mengekspor produknya ke Eropa, berkat kualitas tinggi dan klaim sebagai handuk higienis.

Produk Terry Palmer kini banyak dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Jepang dan Amerika Serikat, karena reputasinya yang telah diakui di pasar internasional.

Dengan semakin berkembangnya industri fashion di Indonesia, merek-merek lokal kini semakin dikenal dan diakui di pasar global. Keberhasilan brand-brand ini menunjukkan bahwa produk dalam negeri mampu bersaing dengan merek-merek internasional.

Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku industri kreatif lainnya di Indonesia untuk terus berkarya dan membawa nama baik bangsa di kancah dunia.

Dengan dukungan dan apresiasi dari masyarakat, kita dapat melihat semakin banyak brand fashion Indonesia yang mendunia dan membanggakan.

Bagikan:

Tags

Avatar photo

Nikita Gina

Chic dan trendi, menggabungkan wawasan perjalanan dengan saran fashion.