Strategi Pencegahan Keamanan Data untuk Bisnis Kecil

Strategi Pencegahan Keamanan Data untuk Bisnis Kecil

Bisnis

Sebagai sebuah bisnis, salah satu ancaman terbesar bagi bisnis Anda adalah seorang peretas. Faktanya, penelitian baru menunjukkan bahwa 75 persen pelanggaran data terjadi dalam perusahaan kecil dan menengah dengan 40 persen bisnis kecil menjadi korban pelanggaran keamanan.

Sekitar 76 persen dari serangan itu adalah akibat langsung dari kata sandi yang dibobol. Peneliti yang sama menemukan bahwa 60 persen bisnis kecil yang terkena serangan keamanan akan menutup pintunya dalam waktu 6 bulan.

Luar biasa, hanya 17 persen dari bisnis kecil yang mengambil langkah untuk melindungi diri mereka sendiri. Jangan menjadi korban. Berikut cara melindungi mata pencaharian Anda.

Siapkan Protokol Keamanan Dan Uji Keamanan Anda

Jika Anda tidak memiliki protokol keamanan apa pun, jelas hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menyiapkan sesuatu di organisasi Anda. Gunakan firewall, dan jaringan pribadi virtual untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi karyawan Anda.

Selalu mengenkripsi data Anda. Data tersimpan dan sistem file sangat penting. Namun, jangan lupa tentang data yang dikirimkan – meskipun dilakukan secara internal di seluruh intranet.

Enkripsi sangat penting untuk melindungi informasi sensitif perusahaan Anda.

Selain enkripsi dasar, gunakan sertifikat digital untuk menandatangani semua situs web Anda. Simpan salinan sertifikat tersebut ke perangkat keras sebagai lawan dari server itu sendiri (yang merupakan risiko keamanan utama dan semacam merugikan diri sendiri).

Menggunakan router dan penyeimbang beban sebagai penyimpanan lebih masuk akal dan memberikan perlindungan alami dari ancaman luar.

Menerapkan DLP dan audit untuk mencegah kehilangan data. Gunakan audit file untuk memantau perubahan file sehingga Anda mendapatkan peringatan ketika ada sesuatu yang masuk atau keluar dari jaringan.

Batasi penggunaan data dan file di luar situs. Jangan izinkan karyawan menghapus media yang mungkin berisi data sensitif perusahaan.

Uji sistem Anda secara berkala menggunakan protokol yang mirip dengan Sec-Tec. Pada dasarnya, setelah pertahanan Anda naik, Anda ingin tahu apakah mereka akan bertahan di bawah serangan. Perusahaan keamanan luar dapat membantu Anda melakukan ini.

Latih Karyawan Anda

Latih karyawan Anda untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan selalu mengenkripsi data yang mereka simpan atau kirim, terlepas dari apakah data tersebut meninggalkan kantor atau tidak. Salah satu celah terbesar dalam keamanan Anda adalah karyawan – karyawan yang tidak terlatih dengan benar, atau karyawan yang tidak menganggap serius protokol keamanan dapat merusak bisnis Anda secara keseluruhan.

Amankan Fasilitas Anda

Amankan kantor atau gedung fisik Anda. Anda harus memiliki kunci di semua pintu, dan akses ke server harus dibatasi dengan ketat. Jika memungkinkan, gunakan hosting di luar situs sehingga Anda dapat memanfaatkan pusat data aman yang dibuat khusus.

Pusat data ini sering menggunakan keamanan 24/7 dengan kunci biometrik dan pintu masuk depan yang berpagar.

Buang Produk Dengan Aman

Saat perangkat tidak lagi diperlukan, Anda harus memusnahkannya dengan cara yang konsisten dengan praktik terbaik pembuangan data. Dengan kata lain, hancurkan semua dokumen menggunakan pola penghancuran berselang-seling, hapus semua hard drive dan kemudian hancurkan secara fisik, dan gunakan penghapusan file yang aman untuk file apa pun yang tidak lagi perlu berada di komputer atau jaringan Anda.